Tips Mengurus Bebas-Visa ke Jepang

Liburan ke Jepang sudah menjadi salah satu hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Ketika Anda berjalan-jalan ke Jepang, pasti Anda akan merasakan sensasi yang berbeda di sana. Jepang memang terkenal dengan perpaduan budaya dengan teknologinya. Bagaimana tidak, gedung pencakar langit dan kuil bisa berada di area yang sama. Anda tentu sangat tertarik dengan hal ini, bukan? Nah, jika Anda memang tertarik untuk berlibur di Jepang, Anda bisa memilih banyak hal unik yang sesuai dengan tujuan perjalanan Anda. Salah satunya adalah dengan mengurus bebas-visa untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Jepang. Tapi, belum banyak yang mengetahuinya. Lalu, bagaimana cara mengurusnya?

Langkah-Langkah Mengurus Bebas Visa Ke Jepang

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mengurus bebas visa ke Jepang. Dalam hal ini, sejak 1 Desember 2014 pemerintah Jepang memang sudah membebaskan visa bagi para wisatawan asal Indonesia. Terutama bagi para pemegang e-paspor, yang bisa memudahkan Anda untuk mendatangi Jepang sebagai wisatawan. Lalu, bagaimana sih caranya mendapatkan bebas visa di Jepang?

  1. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah syarat bebas visa untuk wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang. Perlu diingat, bebas visa hanya berlaku bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Jepang, atau melakukan kunjungan singkat ke negeri sakura ini. Jadi, Anda tak bisa menghabiskan waktu lebih lama selama berada di Jepang.
  2. Ketika Anda berada di Jepang, Anda hanya memiliki waktu selama 15 hari di sana. Jangka waktu 15 hari ini dianggap sebagai jangka waktu kunjungan singkat ke sana. Jika Anda datang ke sana lebih dari 15 hari, maka Anda harus mengajukan visa untuk berada di sana. Jadi, rencanakan perjalanan dan kunjungan Anda ke Jepang dengan baik, ya.
  3. Bagi Anda yang ingin mengajukan e-paspor, Anda bisa mendatangi kantor pelayanan imigrasi yang ada di kota Anda atau di tempat terdekat di kota Anda. E-paspor bisa dibuat dengan kemudahan yang ditawarkan dari kantor imigrasi. Di samping itu, e-paspor juga bisa dibuat dalam waktu yang cepat, sehingga mudah dilakukan.
  4. Bagi Anda yang ingin mengajukan atau melakukan registrasi bebas visa, maka jangka waktu pembuatannya adalah dua hari kerja. Tenang, pengajuan bebas visa gratis alias tidak dipungut biaya apa pun. Jadi, Anda tak perlu khawatir mengeluarkan uang terlalu banyak untuk memperoleh bebas visa menuju ke Jepang.
  5. Lalu, berapa lama sih sampai bebas visa bisa selesai? Proses registrasi yang dibutuhkan untuk pembuatan visa adalah 2 hari kerja. Anda tak perlu menunggu terlalu lama karena Anda bisa dengan mudah mengajukannya dan mendapatkan bebas visa.
  6. Ada satu syarat yang harus Anda penuhi, yaitu kondisi Anda pada saat mengunjungi Jepang. Bagi Warga Negara Indonesia yang pernah dideportasi atau melakukan pelanggaran hukum di Jepang, atau sedang berada pada masa cekal, tidak boleh menginjakkan kaki ke Jepang, walaupun sudah melakukan proses registrasi yang benar sebelum masa keberangkatan.

Mempersiapkan Liburan Ke Jepang Dengan Nyaman

Anda bisa mengajukan bebas visa dengan mudah selama berada di Jepang. Namun, di satu sisi, Anda juga akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan selama berada di sana. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum Anda berangkat ke Jepang?

  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jepang. Dalam hal ini, Anda bisa mengajukan bebas visa, e-paspor dan banyak hal lainnya yang sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu, Anda juga bisa membawa serta identitas yang berlaku.
  2. Pastikan Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai apa saja yang bisa dilakukan selama berada di Jepang. Tempat wisata, atraksi yang unik dan berbagai hal yang ada di Jepang bisa dikunjungi untuk merasakan asyiknya berlibur di Jepang.
  3. Walaupun banyak orang Jepang yang mampu berbahasa Inggris, Anda juga bisa mempertimbangkan belajar Bahasa Jepang sebelum berangkat. Bahkan, Bahasa Jepang sederhana bisa sangat membantu selama berada di perjalanan.

Nah, itu tadi beberapa tips mudah ketika ingin berjalan-jalan ke Jepang. Ada banyak tips lain yang bisa Anda terapkan selama berada di sana. Dengan demikian, perjalanan Anda pun akan semakin menyenangkan, bukan?