Review Jenis-Jenis Drama Berdasarkan Penyajian Ceritanya

Apakah Anda sedang berencana untuk menampilkan sebuah drama tentang cerita cinta terlarang? Sebelum memainkan drama tersebut, Anda perlu tahu mengenai jenis-jenis drama apa yang cocok untuk dijadikan pentas drama dengan cerita yang satu ini. Hanya ada beberapa jenis drama yang bisa dipilih dan cocok untuk ditampilkan untuk cerita cinta.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai jenis drama apa sih yang cocok digunakan untuk memainkan drama cerita cinta terlarang? Berikut ini adalah jenis-jenis drama yang harus Anda ketahui berdasarkan penyajian cerita:

Tragedi

Tragedi merupakan jenis drama yang membawakan cerita yang penuh dengan kemalangan dan kesedihan. Jika Anda ingin membuat sebuah cerita cinta dengan alur cerita yang menyedihkan, Anda bisa menggunakan jenis drama yang satu ini.

Komedi

Komedi merupakan jenis drama yang mengandung unsur jenaka didalamnya. Meskipun Anda ingin membawakan sebuah cerita tentang cinta yang terlarang, Anda masih bisa membawakan drama ini dengan balutan komedi didalamnya. Tak melulu cinta terlarang itu harus dibalut dengan kesedihan, loh!

Tragekomedi

Mungkin, jenis drama tragekomedi ini bisa menjadi pilihan jenis drama yang tepat. Anda bisa menggabungkan alur cerita yang menyedihkan dan dibalut dengan kejenakaan yang dapat membuat penonton merasa lebih terhibur. Gabungan antara jenis drama tragis dan komedi ini dapat menarik banyak penonton juga, loh!

Opera (Drama Musikal)

Jenis drama opera ini biasa dikenal dengan sebutan jenis drama musikal. Seperti namanya, setiap ada dialog, maka akan diiringi dengan musik yang sesuai dengan tema drama itu sendiri. Musik yang mengiringi jalannya drama ini yang dibuat sedemikian rupa agar perasaan para pemain dapat tersampaikan dengan baik.

Melodrama

Melodrama merupakan jenis drama yang menyediakan cerita yang sangat sentimental. Kebanyakan cerita yang digunakan dalam drama yang satu ini yaitu cerita masalah percintaan. Sangat cocok, kan untuk masalah cinta terlarang?

Farce

Dagelan atau Farce merupakan jenis drama yang lucu dan ringan. Drama jenis ini juga sangat dikenal sebagai komedi picisan. Jenis drama yang satu ini biasanya dibuat komedi tetapi terlalu berlebihan dan terkadang melibatkan fisik juga. Mungkin saja Anda menggunakan jenis drama yang satu ini meskipun tema cerita yang ingin Anda mainkan yaitu cinta terlarang.

Tablo

Tablo merupakan jenis drama yang agak mirip dengan jenis drama musikal. Perbedaannya, jenis drama musikal masih melibatkan dialog antar sesama tokoh yang diiringi dengan suara musik untuk menyampaikan perasaan pada para penonton. Sedangkan jenis drama tablo yang satu ini, tidak ada dialog antar tokoh sama sekali.

Jadi, drama ini lebih mengutamakan aspek tarian. Para pemain drama akan menyampaikan cerita yang dimainkan melalui gerakan tarian yang mengandung banyak arti. Anda juga bisa memilih jenis drama yang satu ini untuk dijadikan sebagai pementasan drama meskipun cerita yang digunakan tentang cinta terlarang. Pementasan drama Anda akan sangat menarik, bukan?

Sendratari

Apakah Anda ingin membuat drama ala India? Menggabungkan seni drama dan seni tari? Bukankah jenis drama ini pilihan yang sangat tepat untuk menampilkan drama tentang cinta terlarang?

Dalam hal ini, Anda hanya perlu memilih dan memilah jenis drama apa yang akan digunakan untuk pementasan drama nanti. Meskipun drama yang dibawakan cerita cinta terlarang, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda juga bisa memainkan jenis drama mana pun yang Anda inginkan.