Yang Harus Anda Lakukan Saat Pertama Kali Periksa Kandungan!

Bagi pasangan yang sudah menikah, memperoleh momongan adalah suatu kebahagiaan besar dan waktu yang paling dinanti-nanti setelah pernikahan. Memiliki seorang anak adalah keberkahan dan harus disyukuri, selain sebagai sumber kebahagiaan dan sumber rezeki, memiliki anak adalah salah satu bentuk bahwa kita sebagai manusia yang telah mendapatkan amanah begitu besar dan kita harus bisa bertanggung jawab serta mendidik anak dengan cara yang baik. Salah satu bentuk penjagaan terhadap anak yang dititipkan dalam kandungan seseorang, pemeriksaan kehamilan harus selalu dilakukan. Pemeriksaan tersebut sangat penting apalagi bagi para ibu yang sedang hamil muda.

Lakukan Usg 3d Saat Pertama Kali Periksa Kandungan

Apabila para bunda ingin tahu bagaimana janin dalam perut, saat ini ada teknologi canggih yang bisa menampilkan janin dalam perut dengan jelas dan hasilnya 3 dimensi. Maksud 3D ini artinya bunda tidak hanya bisa melihat janin berupa gambar datar saja melainkan posisi janin bisa dilihat secara keseluruhan. Sebenarnya tidak hanya posisi saja, ada beberapa manfaat jika bunda melakukan USG 3D ini,

  • Mengetahui jenis kelamin bayi
  • Mengetahui posisi bayi
  • Memastikan apakah bayi tersebut normal
  • Memberikan informasi apakah terdapat kelainan yang bisa mengganggu bayi atau tidak. Misalnya menetapkan diagnosa tertentu pada rahim dan bisa pula memantau air ketuban.

Selain hal diatas, masih banyak lagi manfaat dari pemeriksaan kehamilan USG 3 dimensi ini, namun yang jelas pemeriksaan tersebut jangan terlalu sering dilakukan sebab pemeriksaan ini menggunakan gelombang ultrasonik yang jika terus-menerus dilakukan akan mengganggu kondisi bayi Anda.

Supaya Kandungan Bunda Sehat.. Lakukan Ini!

Bagi para bumil muda, beberapa hal ini penting untuk diketahui supaya kehamilan bunda sehat,

  • Sering mual-mual

Jangan khawatir, bagi para bunda yang sedang hamil muda, mual-mual itu hal yang biasa. Rasa mual terkadang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, maka dari itu bunda harus menyiasatinya agar mual-mual bisa segera diatasi dengan benar. Biasanya mual mulai terasa di pagi hari karena asam lambung naik disebabkan hormon estrogen bunda naik. Untuk mengatasi hal itu, setiap hari setelah bangun tidur biasakan minum air putih dan makan makanan ringan yang sehat seperti roti atau biskuit.

  • Buat list perencanaan aktivitas

Biasanya kan bunda yang selalu melakukan semua aktivitas di rumah seperti bersih-bersih ataupun kerja. Tetapi jika bunda sedang hamil, usahakan lebih memperbanyak istirahat dan olahraga saja untuk kesehatan janin atau bayi dalam kandungan. Artinya bukannya tidak melakukan kerja sama sekali setiap harinya, tetapi sebisa mungkin bunda membuat perencanaan melakukan aktivitas dengan teratur dan lebih ringan.

  • Perhatikan asupan makanan

Olahraga untuk kehamilan jelas itu harus dilakukan supaya posisi bayi dalam kandungan berada dalam posisi yang benar. Jangan lupa juga, bunda jangan makan sembarangan saat hamil. Mulai sekarang budayakan mengatur pola makan sehat setiap harinya dan mengonsumsi vitamin. Hal ini wajib dilakukan supaya bunda dan bayi bunda selalu tetap sehat dan aman.

  • Lakukan pemeriksaan kehamilan

Biasanya untuk para bumil, di bidan mana pun bunda akan disarankan melakukan pemeriksaan setiap bulannya. Ada buku khusus untuk pemeriksaan rutin para bunda yang sedang hamil. Sarannya, bunda harus mengikuti anjuran-anjuran yang diberikan bidan untuk selalu memastikan dan menjaga agar janin dalam kandungan bunda selalu sehat dan normal.