Review Minuman Olahan Susu Dan Manfaatnya

Manfaat yogurt adalah salah satu dari alternatif makanan yang sangat baik untuk banyak orang dimana sedang menjalankan dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Selain itu, yoghurt dikenal dengan mengandung sejumlah dari zat gizi yang dapat menyehatkan sistem pencernaan serta dapat membantu untuk pembentukan tulang serta gigi. Dimana Bakteri baik atau pro biotik yakni lactobacillus yang terkandung di dalam yoghurt ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah seperti diare, dan konstipasi sampai masalah kanker usus.

Jenis-Jenis Yoghurt

Mungkin Anda masih belum begitu memahami perbedaan yoghurt yang sebelumnya sudah biasa Anda konsumsi. Maka sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang beberapa jenis dari yoghurt seperti berikut ini supaya dapat langsung merasakan dari manfaat yoghurt ini.

  1. Frozen Yoghurt

Yoghurt ini dikenal dengan salah satu sebutannya yaitu froyo yang sekarang ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai aneka dan jenis toping. Pada umumnya jika yoghurt ini dibandingkan dengan jenis ice cream yang biasa, maka froyo ini memiliki berbagai kandungan gizi yang pastinya lebih baik. Akan tetapi, Anda harus bisa memperhatikan dari kandungan gizi yang sudah tertera di dalam labelnya. Beberapa dari frozen yoghurt ini diproses secara rendah lemak dengan demikian dapat menambahkan banyak gula untuk yoghurt di dalamnya. Akan tetapi frozen yoghurt ini juga dapat memiliki sebuah kandungan pro biotik yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Disamping itu laktosa yang terdapat pada yoghurt dengan jenis ini akan lebih mudah untuk dicerna dibandingkan dengan laktosa yang terdapat di dalam susu.

  1. Greek Yoghurt

Greek yoghurt ini memiliki sebuah tekstur yang tentunya lebih kental dibandingkan yoghurt yang biasa. Dimana Pada saat proses untuk pembuatan dari greek yoghurt ini dapat mengalami penyaringan hingga tiga kali apabila yoghurt yang biasa hanya dapat mengalami sampai dua kali penyaringan. Dimana Sisanya dapat berupa cairan atau whey, kemudian dibuang dan juga menyisakan bagian yang kental dimana dinamakan dengan greek yoghurt. Selain itu Yoghurt dengan jenis greek ini memiliki kandungan seperti protein yang tinggi dan juga rendah karbohidrat.

  1. Plain Yoghurt

Yoghurt jenis plain yoghurt ini dapat banyak Anda temukan di toko kue atau supermarket. Yoghurt jenis plain ini sering kali dapat digunakan yaitu sebagai campuran untuk cake dan juga makanan yang lainnya. Dimana Yoghurt plain ini juga sering kali menjadi sebuah pilihan hal ini karena yoghurt ini tidak memiliki rasa dan juga tambahan seperti gula yang tentunya memungkinkan untuk dapat meningkatkan sebuah kalori pada tubuh.

4 . Dadiah

Yoghurt dengan jenis Dadiah ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Yoghurt ini terbuat dari susu kerbau lalu difermentasikan ke dalam sebuah tabung bambu. Yoghurt ini memiliki kandungan gizinya yang disesuaikan dengan beberapa jenis susu yang telah digunakannya yaitu susu kerbau. Yoghurt tersebut memang memiliki kandungan bakteri yang baik dan bagus untuk sistem pencernaan.

Akan tetapi sebaiknya sebelum Anda mengonsumsi yoghurt ini maka periksalah kandungan gizinya yang tertera di dalam label tersebut. Manfaat yoghurt lainnya yang akan menjadi lebih baik jika belum mengalami banyak proses dalam pengolahan yaitu baik untuk perubahan rasa ataupun teksturnya. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat secara optimal maka sebaiknya pilihlah yoghurt secara lebih murni yaitu yoghurt tanpa rasa.

  1. Yoghurt Cair

Yoghurt cair ini lebih mudah dan simpel untuk dikonsumsi seseorang. Hal ini karena dari tekstur yoghurt ini sendiri yang cair dan menyerupai susu. Selain itu,  beberapa diantaranya yoghurt ini juga sudah tersedia di dalam berbagai rasa. Dan juga dalam proses pembuatan yoghurt cair ini setelah diberikan kandungan bakteri dari susu akan dapat mengental dan membentuk yoghurt. Setelah itu barulah dapat dilakukan pengenceran.

Di Dalam proses inilah kemudian dapat dicampur dengan campuran susu bubuk dan juga dapat dicampur susu cair maka akan menyerupai susu. Ketika Anda akan mengonsumsi maka sebelumnya yoghurt cair ini sebaiknya dapat periksa kandungan gizi nya terlebih dahulu yang terdapat di dalamnya. Hal ini Karena terkadang pada label dengan rendah lemak ini belum tentu juga menjamin produk yoghurt ini dapat memiliki kandungan lemaknya yang tentunya  lebih sedikit.

Tren Yoghurt Dengan Berbagai Rasa

Yoghurt saat ini merupakan salah satu sebuah tren makanan yang terbesar di abad ke-21. Selain itu Anda juga tidak hanya bisa mengonsumsinya secara langsung akan tetapi manfaat yogurt ini  juga dapat disulapnya untuk dapat dijadikan sebuah saus dan juga menggunakannya sebagai sebuah bumbu dan membuat sebuah resep hidangan yang pastinya lezat dan juga sehat. Selain itu saat ini dengan kepopulerannya, maka yoghurt ini hadir dengan berbagai pilihan yang tentunya sangat beragam rasa yang membuat rasanya semakin lezat.