Cara Mudah Menghafal Al – Qur’an

Sebagaimana yang kit ketahui, Al – Qur’an adalah kitab suci tuntunan bagi kaum muslim. Didalamnya terkandung petunjuk – petunjuk kehidupan yang apabila dibaca dan dipahami setiap ayatnya, niscaya akan memahami hakikat hidup yang sebenarnya. Dan menjadi keistimewaan apabila seorang muslim berusaha untuk tahfidz Al – Qur’an atau menghafalkan Al – Qur’an.

Seperti pengalaman beberapa yang dituturkan beberapa orang yang menghafal Al – Quran. Ada keberkahan yang dirasakan saat menghafal ayat suci Al – Qur’an, khususnya bagi anak – anak berusia dini dan belasan tahun, dimana dengan menghafal Al – Qur’an, memori untuk menangkap suatu hafalan menjadi tajam dan terasah. Sehingga, banyak dari ilmu – ilmu lain yang membutuhkan daya ingat, dapat menjadi kemudahan bagi mereka.

Hal tersebut telah dipraktikkan oleh Imam – imam besar yang hidup ribuan tahun lalu, seperti Imam Asy Syafii, Imam Ibn Hanbal, Imam Maliki dan cendekiawan – cendekiawan muslim lainnya seperti, Ibnu Sina, Al Biruni, Al Ghazali. Tahfidz Al – Qur’an pun memberikan keutamaan bagi yang mengerjakannya.

Keutamaan Menghafal Al – Qur’an

Beberapa keutamaan bagi orang – orang yang menghafal Al – Qur’an, diantaranya :

  1. Derajatnya diangkat Allah di dunia, hal senada dengan sabda dari Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya adalah Al-Quran akan salah satu cara agar seseorang derajatnya diangkat.
  2. Merupakan sebaik – baik manusia, seperti hadist yang disabdakan Nabi Muhammad SAW, “sebaik – baik kalian adalah yang mempelajari Al – Qur’an dan mengajarkannya”, diriwayatkan oleh Bukhari. Manusia yang baik adalah mereka yang mau mempelajari Al – Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain.
  3. Diutamakan menjadi Imam, karena kelebihan yang dimiliki penghafal Al Qur’an, sebagaimana hadist Rasul yang diriwayatkan oleh Abu Daud, yang mengatakan “hendaknya yang mengimami suatu kaum adalah yang paling aqra’ terhadap kitabullah”.

Setiap muslim tak jarang timbul keinginan untuk belajar menghafal Al – Qur’an, yang dirasakan ketika masih belia atau sudah berumur senja. Namun hal tersebut bukanlah menjadi halangan dalam menghafal surat dalam Al – Qur’an, yang mana dapat dimulai dari satu ayat per hari atau metode one day one juz, atau metode –  metode yang memang diciptakan untuk memudahkan proses penghafalan Al – Qur’an.

Kiat Menghafal Al – Qur’an

Menghafal Al – Qur’an kini telah hadir dengan berbagai cara dan metode yang dapat dipraktikkan oleh setiap muslim, dan berikut dijelaskan mengenai kiat tahfidz Al – Qur’an atau menghafal Al – Qur’an, diantaranya :

  1. Menghafalkan satu mushaf atau satu halaman setiap harinya, yang dapat diulang di lima waktu sholat. Hal ini dapat dipraktikkan untuk satu – dua hari tergantung pada kemampuan menghafal masing – masing individu, hingga setelah selesai satu mushaf, dapat dilanjutkan ke mushaf berikutnya dengan pengulangan kembali untuk melancarkan proses hafalan.
  2. Menghafal Al Qur’an dengan mendengarkan bacaan qari’ atau imam shalat, khususnya imam – imam yang memiliki bacaan dan pelafalan ayat Al – Qur’an yang bagus, sehingga hal ini memudahkan kita untuk mendengar dan kemudian diresapi dan diulang kembali. Secara tidak langsung, akan mengasah bacaan dan makhorijul huruf, atau tempat keluarnya huruf dalam bacaan ayat Al – Qur’an.
  3. Menghafal dengan sarana gadget. Di era teknologi seperti sekarang ini, memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas, salah satunya tahfidz Al –Qur’an. Beberapa alat komunikasi canggih saat ini telah mendukung kegiatan menghafal Al – Qur’an yang disediakan di berbagai aplikasi platform digital yang dapat diunduh dan didengarkan secara langsung, sehingga memudahkan setiap muslim dalam prosesnya menghafal Al – Qur’an.

Itulah beberapa kiat sederhana tahfidz Al – Qur’an yang mungkin dapat diterapkan dalam usaha menghafal dan mempelajari Al – Qur’an, sehingga diharapkan dapat memperoleh barokah dan keutamaannya. Sekian