Tips Membuat Pola Baju Yang Mudah Dan Simpel

Anda ingin tampil menarik dengan menggunakan rancangan desain baju custom yang cukup unik dan nyaman untuk digunakan. Kini ada beragam cara untuk mewujudkan keinginan Anda tersebut, salah satunya dengan menggunakan jasa printing kain atau belajar sendiri tentang cara membuat pola baju yang mudah bagi pemula yang ingin melakukan custom pakaian pribadinya. Simak panduan selengkapnya di bawah ini.

Panduan Membuat Pola Baju Mudah

  1. Persiapkan Alat. Sebelum memulai dalam membuat pola baju, terlebih dahulu Anda haruslah menyiapkan peralatan yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan menjahit tersebut. Alat – alat jahit tersebut juga cukup mudah ditemukan di toko – toko jahit, apa saja itu? Pertama ada pensil yang digunakan untuk menggambar pola, Anda dapat menggunakan pensil 2B atau yang lainnya asal dapat digunakan untuk menggambar. Kedua, persiapkan juga penghapus untuk keperluan menghapus. Lalu, kertas, penggaris dan juga pita meteran yang semuanya penting digunakan untuk keperluan menggambar.
  2. Mengukur baju. Ambillah meteran dan juga pensil serta kertas untuk mengukur kemudian mencatat hasil ukuran tersebut. Adapun yang perlu diukur antara lain yakni panjang baju, yang dimulai dari bahu hingga batas yang ditentukan. Kemudian lingkar dada, lingkar leher, panjang lengan dan terakhir lebar dari bahu.
  3. Menggambar pola dasar. Selanjutnya, buatlah pola dasar yang nantinya akan dijadikan patokan pada saat membuat baju. Nah, untuk membuat pola dasar tersebut, perlu kiranya mempertimbangkan 3 pola yang terdapat pada baju pada umumnya. Diantaranya yakni pola dasar atas yang meliputi bahu hingga pinggang dan terdiri dari bagian depan dan belakang. Pola dasar lengan, yang mana meliputi pergelangan tangan, ukuran lengan hingga siku. Pola dasar bawah yang dimulai dari pinggang hingga ke mata kaki. Serta pola dasar atas dan bawah yang merupakan hasil penggabungan antara pola dasar atas dan pola dasar bawah.

Setelah pola tersebut jadi, Anda dapat langsung membuat secara otodidak dengan menggunakan mesin jahit yang dimiliki di rumah. Namun, Anda menggunakan jasa printing kain untuk dapat membuat pakaian custom yang Anda inginkan tersebut. Karena dengan menggunakan jasa tersebut, tentunya akan memudahkan dan meringankan pekerjaan Anda.

Jenis Pakaian Printing Kain

Adapun ketika menggunakan jasa print kain, ada beberapa macam jenis pakaian yang dapat digunakan untuk mencetak desain custom pakaian Anda. Apa saja itu? Simak dibawah ini.

  1. Kain Balotelli, dimana kain ini berbahan 100% polyster dengan tekstur yang khas pada bagian tenunan kainnya. Dapat digunakan untuk busana, hijab dan pelengkap. Keunggulannya karena ringan, tidak tembus dan harganya yang terjangkau.
  2. Kain Blackout, yang mana kain ini memiliki bahan 100% polyster dengan keunggulan yakni teksturnya yang tebal dan tidak mudah ditembus matahari. Umumnya digunakan untuk fashion dan dekorasi rumah.
  3. Kain BSY, yang berbahan polyster 100% dengan sifat kainnya yang kuat serta mudah untuk dijahit, sehingga banyak digunakan untuk custom Umumnya digunakan untuk art and craft, seragam dan lainnya. Harganya yang terjangkau pun membuat kain ini banyak digunakan untuk keperluan jahit menjahit.
  4. Kain Bubble Crepe, yang bahannya 100% polyster dengan motif kecil-kecil crepe bulat yang ada di permukaannya. Teksturnya juga lentur sehingga menjadi favorit bagi para pelanggan custom pakaian pribadi.

Demikian tadi tips membuat pola baju dengan mudah dan simpel, jika Anda ingin membuat baju sendiri, Anda dapat menggunakan jasa printing kain untuk membantu dalam proses printing dan penjahitan baju yang telah Anda konsep tersebut. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.