3 Tips Agar Belajar Di Rumah Lebih Efektif

Selama masa pandemi Corona ini, hampir semua sekolah di Indonesia menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk bisa meminimalisir penyebaran virus. Namun karena sistem PJJ ini banyak orang tua siswa atau bahkan siswa sendiri merasa kurang efektif jika hanya belajar di rumah.

3 Tips Belajar Dari Rumah supaya lebih Efektif

Tanpa adanya kunci jawaban yang pasti, siswa merasa kurang efektif dan belajar di rumah membuat siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan guru lewat PJJ. Oleh karena itu pada artikel kali akan kami berikan beberapa tips cara efektif belajar di rumah, buat kamu para siswa yang mungkin ingin efektif dan bisa memahami materi sekolah dengan baik walaupun hanya dari rumah wajib menyimak setiap informasi ini.

  • Membuat ruang Belajar Nyaman

Tips pertama supaya belajar dari rumah bisa lebih efektif yaitu dengan membuat ruangan belajar kamu lebih nyaman. Usahakan ruang belajar dan juga kamar tidur kamu terpisah, supaya meminimalisir rasa malas karena lelah belajar dan hanya ingin rebahan di kamar tidur.

Hiasi juga ruang belajar dengan interior yang membuat suasana jadi lebih enak untuk ditinggali berlama-mana. Dengan suasana ruang belajar yang kondusif dan nyaman, tentu belajar akan jadi lebih efektif dan materi yang diberikan oleh guru jadi bisa dipahami dengan baik.

  • Buatlah Belajar dari Rumah jadi Rutinitas

Anggap saja bahwa PJJ ini seperti halnya kamu berangkat sekolah seperti biasa atau sekolah tatap muka. Bangun pagi, mandi, dan jangan lupa sarapan supaya bisa memulai PJJ dengan kondisi tubuh yang segar dan siap mempelajari materi yang diberikan guru.

Dengan cara ini, tubuh dan juga otak nantinya akan terbiasa dengan PJJ dan belajar dari rumah akan menjadi efektif seperti halnya belajar secara langsung di sekolah. Apa lagi dengan kunci jawaban yang kamu pelajari, setiap tugas atau ujian online bisa kamu lewati dengan mudah.

  • Hindari Multitasking

Saat belajar dari rumah memang waktu akan lebih fleksibel dan santai. Banyak hal yang bisa dilakukan saat belajar dari rumah karena waktu fleksibel tersebut. Namun ada baiknya hindari melakukan banyak hal saat belajar, atau hindari multitasking agar belajar jadi efektif.

Saat melakukan multitasking otak jadi terpecah konsentrasinya, sehingga tidak bisa fokus dalam belajar. Imbas dari multitasking, materi jadi sulit diterima oleh otak dengan baik. Usahakan bedakan waktu untuk belajar dan juga waktu untuk melakukan hal lain, supaya efektif belajar dari rumah.

  • Tetap Komunikasi dengan Teman dan Guru

Otak tentu butuh refreshing supaya belajar bisa lebih efektif dan materi bisa diterima dengan baik. Oleh karena itu, tetap jalin komunikasi dengan teman dan terutama dengan guru kamu. Karena dengan bersosialisasi secara tidak langsung menumbuhkan motivasi yang positif bagi otak.

Bisa dengan chatting atau video call dengan teman, atau dengan bermain game untuk refreshing dan mengasah keterampilan otak. Dan sosialisasi dengan guru, kamu bisa menanyakan materi yang masih sulit dipelajari agar bisa mendapatkan penjelasan yang lebih baik dari guru kamu.

Belajar dari Rumah Tetap Bisa Mendapatkan Prestasi

Baik belajar tatap maya ataupun belajar dari rumah semua bisa dilakukan dengan baik asalkan dilakukan dengan benar dan efektif. Selain itu tentu walau belajar hanya dari rumah saja, dengan kunci jawaban dan juga belajar yang efektif tetap bisa meraih prestasi di sekolah. Demikian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi baru supaya belajar tetap jadi hal menyenangkan.