Inilah Waktu paling Tepat untuk Servis Mobil

Sebagai pengguna mobil, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk rutin servis mobil Anda. Servis mobil harus dilakukan secara rutin, mengapa? Karena komponen di dalam mobil harus selalu di cek agar nantinya mobil tidak membahayakan nyawa Anda dan keluarga. Meskipun hanya dipakai jarak dekat, namun servis mobil secara berkala wajib untuk dilakukan.

Anda bisa membawa mobil ke bengkel Audi yang akan membantu Anda mengecek setiap detail komponen mobil Anda. Saat menggunakan kendaraan, pasti Anda ingin mobil tetap aman dan nyaman dipakai. Jika tidak ingin ada masalah dalam mobil, kuncinya adalah servis secara rutin.

Ada yang bilang bahwa servis mobil secara rutin bisa boros. Sepertinya kalimat itu harus dipatahkan. Justru dengan Anda rutin servis mobil secara berkala, maka akan meminimalisir kerusakan yang secara tiba-tiba. Jika Anda rutin memeriksa setiap komponen mobil, maka jika dari awal sudah diketahui ada masalah akan langsung diservis.

Agar servis berkala mobil Anda lebih murah, ikuti tips berikut ini:

Beli Sparepart Original

Sparepart original pabrik sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika ada kerusakan dalam komponen mobil Anda, gantilah tetap dengan sparepart asli. Mengapa padahal harganya mahal? Karena itu adalah original dan asli. Bayangkan saja jika ada kerusakan lalu Anda menggantinya dengan sparepart palsu. Bisa dijamin saat Anda berkendara maka komponen itu akan rusak terus-terusan.

Agar servis berkala lebih murah, tetap gunakan sparepart asli. Karena jika asli maka keawetannya bisa dijamin dan komponen mobil Anda lainnya tidak ikut-ikutan rusak. Ketika Anda servis pun, sparepart tetap aman tanpa kerusakan dan harus diganti jadi biaya yang dikeluarkan lebih murah

Pahami Jadwal Kapan Anda Harus Servis

Daya tahan mesin mobil Anda bisa bertahan lebih lama jika Anda rutin melakukan servis berkala. Buatlah jadwal servis mobil dan lakukanlah dengan konsisten. Dengan melakukan servis berkala, maka mobil Anda bisa tetap aman dan jarang terjadi kerusakan.

Jika Anda masih bingung kira-kira kapan waktu yang tepat untuk servis berkala mobil Anda, inilah saat Anda harus servis mobil:

  • Jarak tempuh sudah terlampaui. Jika batas jarak tempuh sudah terlampau lebih dari 10.000km inilah Anda harus servis mobil. Biasanya yang diganti adalah oli. Bawalah ke bengkel Audi terdekat
  • Lakukan dalam jangka waktu1 bulan dan 6 bulan, agar mobil tetap dalam kondisi prima
  • Rem tidak berfungsi dengan baik. Langsung Anda bawa ke bengkel untuk mengecek adakah komponen yang rusak. Karena rem merupakan komponen penting dalam mobil Anda.

Jika Mobil Jarang Dipakai, Apakah Perlu Servis Berkala?

Jawabannya tentu perlu, karena wajarnya servis berkala dilakukan tiap 6 bulan sekali. Meskipun mobil tidak pernah dipakai, ketika mobil diam maka terjadi proses oksidasi uap air yang ada di sekitar mobil. Hal ini yang akan membuat air akan bercampur dengan oli mesin dan merusak oli.

Lakukanlah servis berkala mobil Anda di bengkel Audi yang menjual sparepart original dan tentu terjamin. Jika Anda membawa mobil ke bengkel yang kredibel maka pasti harga servis akan lebih murah, padahal menggunakan sparepart asli. Jangan bawa mobil Anda ke bengkel sembarangan, lakukanlah di bengkel yang memiliki garansi kerusakan. Anda pun bisa ikut melihat proses servis berkala mobil Anda. Jangan lupa untuk selalu konsisten servis berkala mobil Anda agar tetap prima dan nyaman dipakai.