Tips Memilih Kursi yang Nyaman Untuk Bekerja

Kursi merupakan salah benda penting yang dapat dijumpai di beragam tempat, seperti di kantor terdapat kursi kantor, di kafe terdapat kursi cafe dan lain sebagainya. Kursi kantor sendiri dirancang khusus untuk membantu seseorang mengerjakan pekerjaannya di depan laptop. Kursi kantor yang baik membuat bekerja menjadi nyaman dan tidak mudah lelah.

Manfaat Kursi Kantor

Seperti halnya kursi cafe yang digunakan khusus untuk bersantai, kursi kantor juga punya kegunaan untuk mendukung produktivitas kerja yang dilakukan selama hampir seharian. Kursi untuk bekerja haruslah didesain secara khusus karena berperan dalam menopang tubuh.

Kursi kerja yang nyaman tentunya membuat leher mudah tegang sehingga dapat menimbulkan sakit pada bagian leher. Kursi kerja yang nyaman juga mencegah dari timbulnya nyeri pada punggung setelah seharian bekerja dengan keadaan sedikit membungkuk.

Tips Memilih Kursi Kerja

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kursi kerja yang nyaman digunakan, seperti bahan dasarnya maupun bentuknya. Nah, berikut tips untuk memilih kursi kerja yang nyaman untuk digunakan.

  • Pilih kursi dengan bahan yang nyaman

Tips pertama dalam memilih kursi untuk kerja yakni perhatikan bahan dasar yang digunakan untuk membuat kursi kerja. Terdapat beberapa bahan yang banyak digunakan untuk pembuatan kursi, seperti kain rajut, plastik, busa, vinyl, kayu dan kulit. Pilihlah kursi dengan bahan kain rajut, kulit dan busa, karena bahannya yang lembut dan empuk sehingga membuat badan terasa rileks dan tidak mudah tegang ketika bekerja.

  • Pilih kursi dengan sandaran punggung

Bekerja dalam waktu yang lama dapat membuat bagian leher maupun punggung menjadi tegang dan pegal. Oleh karena itu, penting untuk memilih kursi kerja yang punya sandaran pada bagian leher dan punggung. Hal ini untuk mengurangi rasa tegang pada tubuh bagian belakang pada saat bekerja. Usahakan juga untuk memilih kursi dengan sandaran yang agak tinggi, sehingga dapat menopang punggung dan leher ketika bersandar.

  • Pilih kursi yang sesuai dengan ukuran meja

Ketika memilih kursi, perhatikan juga ukuran meja yang digunakan pada saat bekerja. Pastikan untuk memilih kursi yang punya ketinggian yang sama dengan meja yang digunakan untuk bekerja. Karena hal tersebut dapat membantu posisi dalam bekerja supaya tetap lurus dan tidak ketinggian atau kekecilan, yang mana dapat berisiko menimbulkan ketegangan.

  • Pilih kursi yang dilengkapi dengan roda

Pada saat bekerja, tidak jarang seseorang bergerak ke sana kemari untuk sekedar mengistirahatkan badan atau mengambil suatu barang. Dengan memilih kursi yang dilengkapi dengan adanya roda pada bagian bawah dapat memudahkan seseorang untuk leluasa dalam bergerak ketika bekerja.

Kursi yang dilengkapi dengan roda juga dapat membantu seseorang ketika ingin mengambil barang yang cukup jauh dan sulit dijangkau jika sedang bekerja. Hanya dengan menggeser roda pada kursi, barang yang diinginkan dapat diambil tanpa harus beranjak dari kursi kerja.

  • Pilih kursi sesuai dengan ukuran ruangan

Ruangan juga menentukan penggunaan kursi, ruangannya yang sempit membutuhkan kursi yang tidak terlalu besar, begitu pula sebaliknya. Maka pilih kursi kerja kantor yang sesuai dengan ukuran ruangan, sehingga kerja menjadi lebih nyaman dan membantu meningkatkan produktivitas.

Demikian tadi informasi tentang tips memilih kursi. Sekarang ini sudah terdapat toko kursi online yang menawarkan beragam jenis kursi seperti kursi cafe, kursi rumahan maupun kursi yang digunakan untuk bekerja. Sekian dan terima kasih.