Pengalaman Kuliah di Luar Negeri yang Bisa Kalian Rasakan

Pasti banyak di antara kamu yang ingin kuliah ke luar negeri dan sebelum mewujudkan keinginan kamu yang satu ini bisa mencari Kursus Bahasa Inggris di Jogja untuk persiapan. Selain itu, berbicara mengenai kuliah di luar negeri pastinya menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan di sana kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman baru. Seperti contohnya adalah belajar budaya baru di negara tempat kamu tinggal dan yang lainnya.

Namun selama kuliah di luar negeri tidak hanya mendapatkan sukanya saja namun ada dukanya juga. Sehingga bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri harus mempersiapkan dengan baik supaya bisa terwujud dan selama kuliah di sana merasa nyaman. Nah, di bawah ini ada beberapa pengalaman yang pasti akan kamu rasakan selama kuliah di luar negeri.

Pengalaman-pengalaman yang Kamu Rasakan saat Kuliah di Luar Negeri

Pengalaman-pengalaman yang bisa kamu rasakan selama kuliah di luar negeri antara lain :

  1. Merasakan Culture Shock

Hal yang paling umum dirasakan oleh mahasiswa yang kuliah atau bahkan bekerja di luar negeri untuk pertama kalinya adalah akan merasakan culture shock. Selama di luar negeri, mau tidak mau kamu harus dapat menghadapi banyak hal yang berbeda seperti di Indonesia. Contohnya saja adalah perbedaan bahasa, iklim, makanan, adat dan kebiasaan, zona waktu dan yang lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu pasti kamu akan terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan yang ada di negara lain. Sebelum kamu kuliah di luar negeri tidak ada salahnya belajar bahasa asing, seperti Bahasa Inggris dan bisa mencari tempat Kursus Bahasa Inggris di Jogja terbaik.

  1. Merasakan Euforia Jalan-jalan Berkeliling Kota di Luar Negeri

Contoh pengalaman yang akan kamu rasakan selama kuliah di luar negeri berikutnya adalah merasakan keseruan jalan-jalan berkeliling di kota tempat kamu tinggal di sana. Tentu saja kamu bisa memanfaatkan hari libur kuliah untuk berjalan-jalan menyusuri kota untuk mencari hiburan. Apalagi kamu mengajak teman-teman yang lain untuk jalan-jalan sehingga akan lebih terasa menyenangkan.

Mungkin saja pengalaman jalan-jalan di luar negeri selama kuliah akan menjadi pengalaman yang paling mengesankan. Apalagi kota atau bahkan negara tempat kamu menimba ilmu ini jadi salah satu tempat favorit yang ingin dikunjungi sehingga inilah kesempatan besar untuk jalan-jalan.

  1. Dituntut harus Bisa Beradaptasi dengan Sistem Pendidikannya

Kamu juga akan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan sistem pendidikan yang ada di tempat kamu kuliah. Harus kamu pahami bahwa selama kuliah di luar negeri pasti memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus mengikutinya dengan baik dan belajar dengan giat.

Sistem pendidikan di setiap negara berbeda-beda sehingga bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri harus mempersiapkan diri. Contohnya adalah kamu harus belajar bahasa asing atau internasional dengan mengikuti kursus di salah satu tempat Kursus Bahasa Inggris di Jogja terbaik.

  1. Homesick

Selama kuliah di luar negeri pasti suatu saat kamu akan merasakan homesick atau kangen dengan suasana rumah. Sangat umum terjadi jika kamu tinggal jauh dari orang tua sehingga merasa kangen dengan kampung halaman. Jangankan tinggal di luar negeri, saat kamu tinggal di daerah yang berbeda meskipun sama-sama di Indonesia pasti akan selalu kangen dengan suasana rumah.

Saat kamu kuliah di luar negeri dan akan jauh dengan orang tua hingga teman-teman pasti akan merasakan hal seperti ini. Namun kamu tidak perlu cemas karena bisa diatasi dengan banyak cara, contohnya adalah video call dengan orang tua atau teman-teman yang ada di kampung halaman. Selain itu, kamu juga bisa jalan-jalan di sekitar kota kamu tinggal untuk mengatasi kebosanan atau rindu dengan rumah.

  1. Merindukan Makanan Indonesia

Nah, kamu juga akan merindukan makanan Indonesia selama kuliah di luar negeri. Tentu saja makanan Indonesia akan dirindukan karena hampir setiap hari pasti kamu harus menyesuaikan makanannya di sana. Oleh sebab itu, kamu akan merasakan rindu memakan makanan Indonesia, apalagi makanan kesukaan kamu.

Begitulah beberapa contoh pengalaman yang pasti kamu rasakan selama kuliah di luar negeri dan sebelum kamu kuliah persiapkan diri dengan mengikuti kursus di salah satu tempat Kursus Bahasa Inggris di Jogja terbaik.