7 Tips Agar Tidak Gaptek di Era Digital

Di era digital seperti sekarang, teknologi semakin maju dan membuat Anda harus mengikuti perkembangannya. Jangan sampai Anda jadi gaptek atau gagap teknologi karena tidak bisa memakai fasilitas dari sejumlah produk teknologi. Apalagi semua hal di kehidupan sekarang bisa berkaitan dengan teknologi, misalnya pendaftaran online, belajar, mencari informasi dan yang lainnya.

Orang yang gaptek termasuk orang yang memiliki kemampuan lemah dan berkaitan dengan penggunaan, komputer atau laptop, gadget hingga internet. Itulah sebabnya, jangan sampai Anda gaptek karena tidak mau mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Di bawah ini merupakan tips anti gaptek di era digital seperti sekarang.

7 Tips Anti Gaptek di Era Digital

7 tips agar tidak gaptek di era digital yang harus Anda lakukan adalah:

1.      Mempunyai Handphone dengan Fasilitas Internet

Tips anti gaptek yang pertama adalah sebisa mungkin Anda memiliki handphone dengan fasilitas internet. Hp dengan fasilitas internet sudah jadi hal umum dan mudah didapatkan saat ini agar bisa mengakses internet dengan mudah. Bagi Anda yang memiliki hp biasa, cobalah menggantinya dengan smartphone dengan fitur yang lebih canggih.

Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk mengakses internet dan juga berkomunikasi dengan orang lain secara mudah. Apalagi sudah banyak smartphone dengan harga terjangkau dan memiliki fitur yang menarik. Anda bisa instal sejumlah aplikasi di smartphone dan pastikan terhubung dengan jaringan internet.

2.      Mempunyai Laptop atau Komputer dan Mempelajari Panduannya

Tips anti gaptek di era digital yang kedua adalah mempunyai laptop atau komputer dan mempelajari cara penggunaannya yang baik dan benar. Di era digital seperti saat ini, penggunaan laptop atau komputer sangat penting. Khususnya untuk membantu menyelesaikan sejumlah pekerjaan dengan mudah dan cepat.

Bagi Anda yang belum cukup paham cara penggunaan laptop atau komputer bisa memanfaatkan buku panduan yang tersedia. Anda juga bisa meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman di dunia teknologi seperti ini. Di laptop juga terdapat beberapa aplikasi atau program yang umum digunakan oleh masyarakat dan Anda harus mencoba memakainya.

3.      Jangan Malu untuk Bertanya

Tips anti gaptek di era digital yang ketiga adalah jangan mau untuk bertanya kepada orang lain. Bagi Anda yang merasa kurang paham dengan penggunaan sebuah perangkat, seperti smartphone, laptop atau komputer bisa menanyakan kepada ahlinya yang lebih paham. Jangan segan bertanya supaya Anda bisa mendapatkan banyak ilmu baru tentang dunia gadget dan teknologi.

Apabila Anda malu bertanya, pasti akan membuat sulit untuk maju dan hal seperti sering terjadi. Khususnya bagi Anda yang merasa kurang percaya diri untuk menanyakan hal yang belum cukup dipahami. Anda bisa bertanya kepada teman atau saudara yang cukup dekat untuk minta diajarkan apabila ada hal yang tidak dipahami berkaitan dengan dunia teknologi.

4.      Bekerja Mandiri

Tips anti gaptek di era digital yang keempat adalah berusaha untuk belajar mandiri. Biasakan untuk bekerja mandiri mulai dari hal yang terkecil supaya Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman. Khususnya adalah kegiatan yang berkaitan dengan dunia teknologi, seperti membuat surat, mengedit gambar hingga penggunaan aplikasi.

Meskipun Anda bertanya kepada ahlinya yang sudah berpengalaman, namun Anda harus mencobanya sendiri. Contohnya adalah mengedit gambar dan Anda harus melakukannya sendiri sesuai dengan tips yang diberikan oleh orang lain. Dengan mencobanya sendiri, lama kelamaan Anda akan bisa dan lebih jago dari yang lainnya.

5.      Belajar Sungguh-sungguh

Tips anti gaptek di era digital yang kelima adalah belajarlah dengan sungguh-sungguh. Khusus bagi Anda yang sedang belajar produk teknologi tertentu harus bersungguh-sungguh supaya bisa menguasainya. Seperti contohnya adalah belajar mengedit foto dan video yang baik dan menarik.

Saat proses mengedit foto dan video harus bersungguh-sungguh dan coba lebih banyak hal agar Anda menguasainya. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa mengedit foto dan video dengan hasil yang bagus. Anda akan jadi terbiasa dan ahli dalam mengedit foto dan video setelah banyak belajar.

6.      Jangan Cepat Merasa Puas saat Menguasai Teknologi

Tips anti gaptek di era digital yang keenam adalah janganlah cepat merasa puas dalam mengusai teknologi di tahap tertentu. Teknologi akan terus berkembang dan Anda juga harus mengikuti perkembangannya. Usahakan Anda tetap terus mencoba ke tahap atau bagian lainnya agar bisa menguasai teknologi.

Proses belajar menggunakan teknologi memang bisa dilakukan secara perlahan, namun harus tetap mencoba ke tahap selanjutnya. Seperti contohnya saat memakai handphone pasti awalnya susah dan lama kelamaan akan terbiasa sampai bisa menguasainya.

7.      Membiasakan Memanfaatkan Internet

Tips anti gaptek di era digital yang ketujuh adalah biasakan Anda memanfaatkan internet untuk mencari informasi atau saat belajar. Bagi Anda yang sedang mencari informasi dengan cepat dan lengkap harus menggunakan internet melalui handphone atau laptop. Anda juga harus terbiasa mendiri mencari suatu hal dari internet supaya tidak banyak bertanya kepada orang lain dan tentu saja bisa mengganggu mereka.

Anda juga bisa memanfaatkan tutorial dan tips yang terdapat di internet agar mendapatkan pembelajaran atau ilmu baru. Bahkan banyak tutorial berupa video yang bisa Anda tonton dan ikuti supaya memperoleh banyak informasi yang menarik. Anda tidak usah khawatir karena akses internet bisa diperoleh 24 jam selama memiliki kuota internet atau terhubung dengan jaringan WIFI.

Sekian tips agar tidak gaptek di era teknologi seperti yang dilansir dari Teknopax.com.