3 Teknik Targeting Dalam Social Media Marketing

Media sosial saat ini sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan setiap orang di era modern. Bisa dikatakan juga bahwa hampir semua orang membutuhkan media sosial. Dari latar belakang inilah SMM terbaik diciptakan.

Fenomena maraknya media sosial ini dipandang sebagai sebuah peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkannya sebagai media dalam melakukan kegiatan marketing. Layaknya melakukan kegiatan marketing yang dilakukan melalui cara konvensional di dunia nyata, kegiatan marketing di media sosial atau dalam digital marketing juga memerlukan adanya strategi dalam menentukan target market yang tepat.

Inilah poin yang akan diulas secara lebih mendalam di sini yaitu tentang bagaimana saja teknik targeting yang bisa dilakukan dalam digital marketing, apa saja kelebihan di masing-masing teknik sampai bagaimana cara mengevaluasinya. Berikut bisa Anda pelajari secara lebih mendalam.

Bidik Pengguna Melalui Behavior

Salah satu cara melakukan targeting dalam marketing di media sosial adalah mengidentifikasi target market melalui kebiasaan atau behavior tiap individu. Tentunya masing-masing individu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam bermedia sosial.

Perbedaan ini terlihat dari indikator seperti perbedaan durasi penggunaan, perbedaan jam-jam aktif pengguna, perlengkapan, serta perbedaan tanggapan atau respons yang pengguna tersebut biasa berikan terhadap sebuah iklan atau konten promosi.

Hal inilah yang dijadikan sebagai dasar teknik dalam melakukan targeting di media sosial. Anda bisa mengklasifikasi atau memilah target market Anda berdasarkan kebiasaan penggunaan media sosial mereka.

Ini akan berguna bagi Anda untuk menentukan jenis konten atau iklan seperti apa yang sebaiknya Anda buat atau Anda tampilkan yang sekiranya akan cocok terhadap target market Anda. Harapannya, target market Anda akan memberikan respons yang positif terhadap SMM terbaik yang Anda buat.

Gunakan Teknik Interest

Teknik lain yang juga tak kalah mudah yang bisa Anda terapkan dalam sosial media marketing adalah teknik interest atau bisa dikatakan sebagai teknik minat atau kesukaan. Artinya, dalam melakukan teknik targeting Anda akan memfilter pengguna media sosial berdasarkan minat atau kesukaan orang tersebut.

Di sini Anda bisa mengklasifikasikan pengguna berdasarkan keyword atau topik-topik apa yang paling pengguna tersebut ikuti si sosial media. Tentunya untuk melakukan teknik ini Anda haruslah menggunakan media sosial yang tepat dan memiliki fitur yang mendukung untuk menerapkan teknik yang satu ini.

Ada beberapa media sosial yang bisa direkomendasikan paling pas jika menerapkan sistem teknik targeting ini diantaranya seperti Instagram, Facebook, Pinterest dan lain-lain. Nama-nama media sosial tersebut memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menyaring pengguna sosial media berdasarkan keyword yang mereka ikuti atau mereka sukai.

Agar teknik ini bisa dilakukan dengan baik ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Yang pertama adalah gunakan keyword yang spesifik. Tentunya ini untuk mengerucutkan target market Anda jadi lebih tepat sasaran.

Yang kedua adalah melakukan pemasaran terhadap beberapa media sosial sekaligus. Ini tidak hanya akan membuat teknik marketing Anda menjadi lebih efektif namun Anda juga bisa lebih efisien dalam penggunaan budget promosi.

Lihat juga : Dapatkan Penghasilan Melalui Paypal Dengan Kerja Freelance

Teknik Kesamaan

Teknik kesamaan disebut juga dengan teknik similarity. Sosial media marketing atau SMM terbaik yang direkomendasikan salah satunya adalah menggunakan teknik ini yaitu dengan mencari similar atau kesamaan diantara pengguna media sosial terhadap satu pengguna yang dijadikan sebagai contoh yang paling sesuai dengan target market yang dituju.

Untuk bisa menerapkan sistem penargetan atau targeting dengan cara ini, Anda bisa mengaplikasikannya pada jenis media sosial Facebook dan LinkedIn. Sebagai caranya, Anda harus siapkan terlebih dahulu profil pengguna media sosial yang sudah menjadi target market Anda yang paling tepat.

Profil pengguna media sosial ini bisa digunakan sebagai alat untuk menyaring atau memfilter pengguna lain yang memiliki profil sejenis. Profil sejenis yang berhasil disaring ini memiliki potensi yang kemungkinan akan sama seperti target market yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Diharapkan dengan demikian maka Anda akan memperoleh target market baru dengan kemungkinan yang sama seperti target market lama Anda yang mungkin malah sudah menjadi pelanggan Anda saat ini. Meskipun demikian, perlu diakui bahwa menggunakan cara ini akan sedikit lebih rumit dibanding cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pentingnya Targeting Dalam Pemasaran

Tiga teknik mengenai targeting sudah dijelaskan secara lebih terperinci. Saat ini mungkin Anda sudah memiliki lebih banyak gambaran mengenai bagaimana cara menentukan target yang lebih tepat dalam melalukan digital marketing atau marketing melalui media sosial. Namun apakah Anda sudah tahu apa pentingnya menentukan target dalam melakukan pemasaran atau marketing di media sosial?

Membuat marketing Anda jadi lebih efisien

Pentingnya targeting dalam melakukan pemasaran pertama tentu untuk membuat proses marketing Anda menjadi lebih efisien baik dari segi waktu maupun dari segi biaya. Karena dengan target market yang sudah lebih mengerucut, diharapkan lebih banyak feed back bagus yang diperoleh dari effort yang lebih sedikit dikeluarkan.

Kegiatan promosi lebih tepat sasaran

Ketika Anda sudah menentukan target market dengan tepat, maka promosi Anda akan lebih terarah dan tepat sasaran. Selain itu Anda juga bisa melakukan perencanaan atau menyiapkan strategi marketing dengan lebih baik sesuai dengan karakteristik target market Anda.

Pertumbuhan bisnis yang lebih baik

Dengan target market yang lebih terarah, maka Anda bisa melakukan pengembangan bisnis yang lebih baik. Tentunya pengembangan bisnis yang Anda lakukan akan selalu berpatokan pada karakteristik target market Anda. Hal ini akan lebih mudah dilakukan apabila Anda sudah mampu menerapkan teknik targeting dengan baik.

Laba yang meningkat

Goal utama dalam melakukan sebuah strategi marketing adalah meningkatkan pendapatan atau laba dari sebuah bisnis atau usaha. Ini bisa lebih mudah terjadi apabila Anda sudah melakukan teknik targeting dengan tepat.

Review dan Evaluasi Teknik Targeting

Dalam melakukan sebuah teknik targeting, mungkin jalannya tidak akan selalu mudah. Bisa jadi Anda akan menemukan kendala, atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Apabila Anda sudah menerapkan teknik targeting sesuai dengan referensi di atas namun belum menemukan titik terang, Anda bisa coba kembali mereview dan mengevaluasi teknik yang Anda lakukan. Atau apabila Anda merasa hal ini terlalu rumit, Anda juga bisa mencari solusi atau bantuan dari pihak ketiga yang bisa memberikan layanan SMM terbaik.