Mengungkap Rahasia Travelling Hemat ke Aceh

Melakukan perjalanan wisata ke daerah lain, atau lebih dikenal dengan istilah travelling merupakan hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan yang Anda miliki. Menurut pandangan berita Aceh terkini, berwisata ke Provinsi Aceh bisa menjadi pilihan rekomendasi terbaik, terutama bagi Anda yang sama sekali belum pernah berkunjung ke sana.

Provinsi Aceh sendiri memiliki berbagai daerah wisata yang sangat layak untuk Anda kunjungi. Namun, sebelum Anda mengambil keputusan untuk travelling ke Aceh, ada baiknya Anda memahami dahulu tips-tips dan rahasia agar perjalanan wisata dan travelling Anda ke Aceh menjadi lebih hemat dalam artikel berikut ini.

7 Tips dalam Melakukan Travelling Hemat ke Provinsi Aceh

Dalam berwisata atau travelling, selain ingin menikmati wisata sebaik mungkin, Anda juga pasti ingin anggaran yang Anda keluarkan tidak terlalu besar. Melalui tips-tips berikut ini, Anda bisa melakukan travelling hemat ke Provinsi Aceh dan menghemat pengeluaran anggaran Anda.

1. Rencanakan travelling secara matang

Sebelum memutuskan untuk pergi travelling ke Provinsi Aceh, sebaiknya Anda merencanakannya secara matang terlebih dahulu. Tentukan berapa lama Anda akan melakukan travelling, barang apa saja yang harus dibawa hingga estimasi biaya yang diperlukan selama melakukan travelling. Hal ini sedikit banyak akan membantu menghemat pengeluaran Anda.

2. Pesan tiket transportasi lebih awal

Jika Anda berdomisili jauh dari Provinsi Aceh, usahakan Anda memesan tiket perjalanan atau transportasi dengan lebih awal atau jauh sebelum Anda memutuskan untuk pergi travelling ke Aceh. Hal ini penting untuk Anda pertimbangkan, sebab umumnya harga tiket perjalanan akan jauh lebih murah apabila dipesan sebelum jadwal keberangkatan.

3. Menginap di hotel dengan harga terjangkau

Di samping itu, untuk menghemat pengeluaran Anda juga bisa memesan atau menginap di hotel yang memiliki kisaran harga terjangkau dan murah. Anda bahkan bisa lebih menghemat pengeluaran dengan menginap di rumah saudara atau kerabat, jika Anda memiliki saudara maupun kerabat yang tinggal di Provinsi Aceh.

Lihat juga : Menikmati Liburan di Ubud nan Permai

4. Makan di tempat makan atau restoran sederhana

Berdasarkan pantauan berita Aceh terkini, Anda juga bisa menghemat anggaran apabila Anda jeli dalam memilih tempat makan atau restoran. Saat melakukan travelling ke Aceh, pastikan Anda mengisi perut Anda di tempat makan maupun restoran sederhana dan biaya yang terjangkau. Dengan demikian Anda bisa menghemat biaya yang perlu Anda keluarkan.

5. Lakukan travelling di luar hari libur nasional

Pada umumnya harga tiket masuk ke tempat wisata di Aceh akan naik saat memasuki hari-hari libur nasional. Oleh karena itu, usahakan Anda melakukan travelling di luar hari libur nasional sehingga Anda bisa meminimalisir anggaran dana yang perlu Anda lakukan saat melakukan perjalanan wisata ke Aceh.

6. Kunjungi toko souvenir dengan harga terjangkau

Biasanya orang yang pergi melakukan travelling akan singgah sementara di toko souvenir atau oleh-oleh untuk dibagikan ke saudara di rumah. Dalam hal ini, sebisa mungkin cari atau kunjungi toko-toko souvenir maupun oleh-oleh yang memiliki harga terjangkau.

7. Lakukan travelling beramai-ramai

Salah satu tips jitu dalam menghemat biaya travelling adalah dengan cara melakukan perjalanan wisata bersama-sama dengan teman atau kerabat. Memutuskan untuk travelling dengan orang banyak akan membuat pengeluaran Anda semakin berkurang jauh dibandingkan dengan pergi berwisata secara individu atau sendirian.

Destinasi Wisata di Provinsi Aceh yang Layak Dikunjungi

Provinsi Aceh dikenal memiliki beberapa destinasi wisata yang layak untuk Anda kunjungi. Jika Anda memiliki kesempatan untuk melakukan travelling ke Provinsi Aceh, berikut ini beberapa destinasi wisata yang layak Anda kunjungi di provinsi tersebut.

1. Masjid Baiturrahman

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi saat travelling ke Aceh adalah masjid Baiturrahman yang berlokasi di Jl Moh. Jam No. 1, Kp. Baru, Banda Aceh. Tempat peribadatan umat muslim yang menjadi saksi bisu saat Aceh dihantam gelombang tsunami tahun 2004 silam ini layak untuk Anda kunjungi saat melakukan travelling ke Provinsi Aceh.

2. Museum Tsunami Aceh

Selain masjid Baiturrahman, ada satu lagi tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mengenang kejadian tsunami tahun 2004, yaitu Museum Tsunami Aceh. Museum ini sendiri terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Banda Aceh. Selain sebagai monumen simbolis akan kejadian tsunami tahun 2004 silam, museum ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan.

3. Pantai Anoi Itam

Provinsi Aceh juga terkenal akan keindahan alam dan juga pantainya. Salah satu pantai yang terkenal di Aceh adalah Pantai Anoi Itam. Pantai yang berlokasi di sebelah Tenggara Pulau Weh ini sendiri merupakan pantai yang cukup unik, sebab pasir di pantai ini berwarna hitam, tidak seperti warna pasir pada umumnya.

4. Pucok Krueng

Salah satu objek wisata yang direkomendasikan oleh berita Aceh terkini adalah Pucok Krueng. Objek wisata ini terletak di Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar ini sendiri menyuguhkan panorama alam yang mengagumkan. Jika Anda menyukai destinasi wisata alam, berkunjung ke Pucok Krueng bisa menjadi referensi yang tepat bagi Anda.

5. Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil

Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil bisa menjadi rekomendasi selanjutnya bagi Anda yang hendak berwisata ke Provinsi Aceh. Terletak di tiga kabupaten berbeda, yakni Kabupaten Singkil, Subulussalam dan Aceh Selatan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Kawasan ini dikenal sebagai habitat satwa liar dilindungi seperti orang utan hingga harimau Sumatra.

6. Air terjun Biang Kolam

Yang terakhir ada objek wisata air terjun yang cukup populer di Provinsi Aceh yang bernama air terjun Biang Kolam. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini dan melihat keindahan alam yang disajikan Anda bisa langsung menuju ke Desa Sido Muliyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara.

Supaya dapat melakukan travelling ke Provinsi Aceh dengan hemat, berita Aceh terkini merangkumnya dengan tuntas melalui pembahasan di atas. Selain itu, dengan melakukan wisata dan travelling ke Provinsi Aceh, terdapat banyak sekali destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi mulai dari Museum Tsunami hingga air terjun Biang Kolam.