Alasan dan Cara Mudah Sedekah Al Quran

Anda bisa melakukan sedekah Al Quran dengan mudah melalui beberapa cara. Sedekah adalah kegiatan yang bermanfaat, baik diri sendiri maupun untuk orang lain. Apalagi dengan bersedekah Al-Quran, maka Anda bisa mendapatkan pahala, sehingga Anda perlu tahu beberapa caranya dengan baik.

Masih banyak masyarakat, khususnya orang muslim yang belum tahu cara bersedekah Al-Quran. Padahal ada banyak penyedia untuk bersedekah Al-Quran online yang bisa Anda manfaatkan. Nah, sebelum Anda tahu cara bersedekah Al-Quran, ketahui dahulu alasan mengapa perlu melakukannya.

Mengapa Harus Bersedekah Al-Quran

Alasan mengapa Anda harus bersedekah Al-Quran yang harus diketahui adalah:

1. Masih Banyak Masyarakat Muslim yang Buta Aksara Al Quran

Alasan utama mengapa Anda perlu bersedekah Al-Quran adalah karena masih banyak masyarakat muslim yang masih buta aksara Al Quran. Nah, dengan adanya program ini, maka diharapkan lebih banyak masyarakat muslim yang bersemangat untuk mempelajari Al Quran. Program ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menciptakan generasi Al Quran yang dapat membaca Al Quran dengan baik.

Itulah sebabnya dengan program bersedekah Al-Quran, diharapkan banyak masyarakat muslim yang mau menyedekahkan Al Quran, baik dalam bentuk fisik atau uang. Anda bisa mencari lembaga penyedia program bersedekah Al-Quran agar bisa melakukan hal baik ini. Jika semakin banyak masyarakat muslim yang bisa membaca Al Quran dengan baik, diharapkan bisa mengajarkan kepada masyarakat muslim yang lain juga.

2. Bermanfaat Bagi Umat Islam

Dengan bersedekah Al-Quran, maka akan memberikan banyak manfaatnya bagi umat Islam. Adanya program ini sebenarnya sangat bermanfaat, namun sayangnya masih banyak masyarakat muslim yang ingin melakukan bersedekah atau mereka belum tahu caranya. Itulah sebabnya setelah Anda mengetahui apa saja alasan harus bersedekah Al-Quran, diharapkan bisa bergerak hatinya untuk melakukan sedekah agar memberikan banyak manfaat.

Bahkan Anda juga bisa sedekah Al Quran atas nama orang lain, seperti orang tua, anak, keluarga atau yang lainnya. Hal ini diperbolehkan untuk Anda lakukan agar bisa bermanfaat bagi orang lain, khususnya umat Islam.

3. Banyak Saudara Kita yang Membutuhkan Al Quran Layak

Alasan terakhir mengapa Anda harus bersedekah Al-Quran adalah karena masih banyak saudara kita yang membutuhkan Al Quran layak. Khususnya bagi mereka yang tinggal di pedesaan atau daerah pedalaman yang sulit dijangkau. Kebanyakan dari mereka bahkan memiliki ekonomi yang sulit, sehingga tidak mampu membeli Al Quran yang layak.

Adanya program ini, diharapkan bisa membantu saudara kita yang ingin belajar Al Quran dan mendapatkan Al Quran yang layak. Al Quran yang Anda sedekahkan akan dibagikan kepada saudara kita yang sedang membutuhkan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda harus bersedekah Al-Quran dan selanjutnya ikuti beberapa caranya di bawah ini.

Tata Cara Bersedekah Al-Quran

Cara bersedekah Al-Quran dengan baik dan mudah yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Menyediakan Al Quran Sesuai Kebutuhan

Bagi Anda yang ingin bersedekah Al-Quran, pastikan dahulu menyediakan Al Quran sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya Anda bebas ingin menyedekahkan Al Quran berapa saja, namun Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya Anda ingin menyedekahkan Al Quran ke suatu pondok pesantren, sehingga harus tahu berapa kebutuhannya.

Dengan cara ini, Anda bisa memastikan kebutuhan Al Quran dengan baik dan dipastikan bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan jumlahnya. Anda juga bisa bersedekah Al-Quran sesuai dengan kemampuan, sehingga tidak akan memberatkan. Hal yang paling penting dalam bersedekah adalah ridho, jadi Anda bisa mengukur kemampuan yang dimiliki untuk bersedekah.

2. Memastikan Al Quran Masih Layak

Selain Anda harus memastikan Al Quran sesuai dengan kebutuhan, namun juga perlu memastikan Al Quran yang ingin disedekahkan masih kondisi layak. Jangan sampai Al Quran yang Anda sedekahkan dalam kondisi tidak layak, sehingga mereka bisa menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik.

Pastikan Anda mengecek kondisi fisik atau isi kandungan Al Quran sebelum disedekahkan kepada orang yang membutuhkan. Jika ada bagian yang cacat atau rusak, sebaiknya Anda ganti Al Quran yang baru dan lebih layak. Anda bisa membeli Al Quran baru untuk memastikan kondisinya layak dan bisa digunakan dalam jangka panjang oleh pemiliknya.

Lihat juga : Cara Mudah Menghafal Al – Qur’an

3. Menyerahkan ke Yayasan Terpercaya

Anda bisa menyerahkan Al Quran ke salah satu yayasan penyedia sedekah. Ada banyak yayasan penyedia sedekah online, termasuk Al Quran yang tersedia. Anda bisa memanfaatkan yayasan tersebut untuk bersedekah Al-Quran. Pastikan juga Anda memilih salah satu yayasan penyedia sedekah online terbaik dan terpercaya.

Hal ini wajib Anda lakukan untuk memastikan sedekah yang Anda berikan melalui yayasan bisa disalurkan dengan baik dan mereka bisa bertanggung jawab. Biasanya yayasan penyedia sedekah online terbaik dan terpercaya menggunakan nomor rekening atas nama yayasan dan juga memiliki bukti dokumentasi penyerahan sedekah kepada pihak yang membutuhkan.

4. Menyerahkan ke Penerima secara Langsung

Anda juga bisa menyerahkan sedekah langsung ke penerimanya. Banyak masyarakat muslim yang memilih bersedekah Al-Quran secara langsung ke penerimanya dan mereka juga bisa mencari siapa penerima sedekah yang layak.

Anda bisa datang langsung ke pondok pesantren, masjid atau ke daerah terpencil yang sangat membutuhkan Al Quran layak untuk mereka baca dan amalkan. Saat Anda menyerahkan Al Quran sebaiknya disertai juga dengan membaca niat atau ikrar yang jelas.

Nah, itulah dia alasan dan cara sedekah Al Quran yang harus Anda ketahui agar bisa dilakukan dengan baik dan tentunya bermanfaat bagi umat Islam.