9 Cara Menata Hunian Anda Agar Tampak Rapi

Memiliki rumah adalah impian semua orang tetapi jika punya rumah yang ukurannya lumayan kecil pasti kesulitan menata rumahnya karena tidak banyak ruangan yang dapat digunakan. Selain itu jika rumahnya ada taman minimalis juga akan menjadi pekerjaan yang cukup berat karena menatanya juga tidak gampang. Tetapi jangan takut karena rumah kecil pun jika ditatanya dengan benar sesuai dengan cara di bawah ini maka tetap terlihat cantik.

Berikut Cara Menata Hunian Supaya Rapi

Bagi yang mendambakan memiliki tempat tinggal yang tampak rapi bisa menyimak beberapa caranya di bawah ini :

  • Simpang barang pada tempatnya

Cara pertama barang harus disimpan pada tempatnya, jangan sampai biarkan barang berserakan di lantai karena membuat rumah tidak rapi. Jika barang sudah di tempat yang seharusnya mau sekecil apa pun ruangan tempat barang itu ada pasti tetap enak dilihat.

  • Bersihkan barang-barang

Kedua jangan biarkan barang kotor, hal ini yang paling sulit dilakukan karena membersihkan barang itu adalah hal yang melelahkan apalagi barangnya banyak. Tetapi karena nantinya membuat rumah bagus mau tidak mau tetap harus dilakukan dan membersihkan barangnya juga harus setiap hari.

  • Pilihlah perabotan yang tepat

Ketiga adalah pilih perabot sesuai dengan kebutuhan, ini kadang sulit sekali dipraktikkan oleh ibu rumah tangga karena ibu-ibu biasanya ingin membeli semua perabotan meskipun tidak dibutuhkan. Dengan perabotan banyak jelas akan memakan banyak tempat makanya pilih perabotan yang benar-benar dibutuhkan jangan sampai juga ada dua perabot dengan fungsi yang sama karena mubazir uangnya.

  • Tatalah furnitur dengan rapi

Keempat adalah rapi dalam menata furnitur, kadang ruangan luas sekalipun akan kelihatan sempit jika saat menata furnitur tidak benar. Jika memiliki banyak furnitur maka harus bisa memposisikan dengan benar supaya enak dipandang dan juga tidak menghalangi jalan juga. Selain itu pemilihan furnitur juga perlu diperhatikan karena harus sesuai dengan ruangan yang akan ditaruh furnitur tersebut.

  • Jangan asal menata taman

Kelima adalah saat menata taman minimalis itu perlu rapi juga karena taman adalah muka dari rumah kita, jika tamannya terlihat kotor dan tidak rapi maka yang melihat juga tidak senang. Saat menata taman itu yang perlu diperhatikan adalah tanaman apa yang ditanam di taman tersebut, karena tanahnya tidak cukup luas maka pilih tanaman yang kecil-kecil saja seperti tanaman bunga.

  • Hindari terlalu banyak sekat dalam ruangan

Keenam adalah kurangi sekat dalam ruangan, rumah kecil itu baiknya jangan terlalu banyak sekat ruangannya karena bisa membuat ruangan makin sempit. Jadi pemilik rumah harus benar-benar memikirkan mana ruangan yang akan disekat dan mana yang tidak. Untuk ruangan yang disarankan adalah ruangan tamu dan ruangan keluarga saja, sebab kedua ruangan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda jadi harus dibagi.

  • Pasang wallpaper

Ketujuh adalah memasang wallpaper, tidak selalu dinding itu harus dicat tetapi bisa juga dengan cara lain yang masih bisa mempercantik dinding. Caranya adalah memasang wallpaper, jika pemilik rumah dapat memilih wallpaper yang bagus maka dinding kelihatan lebih bagus juga. Kadang malah dinding yang sudah dipasang wallpaper bisa membuat ruangan yang sebelumnya terlihat sempit jadi terasa luas.

  • Buatlah ruangan multifungsi

Delapan buat ruangan yang multifungsi, karena ruangan di dalam rumah jumlahnya sangat terbatas maka perlu sekali membuat satu ruangan yang mempunyai dua fungsi. Contohnya adalah jangan membuat ruangan keluarga dan ruangan dapur itu terpisah tetapi kedua ruangan ini harus dijadikan satu. Jadi di sisi lain ruangan itu berfungsi jadi ruang santai untuk keluarga dan di sisi lainnya berfungsi sebagai dapur.

  • Perhatikan sirkulasi udara

Sembilan adalah sirkulasi udara harus bagus, kadang yang menempati rumah kecil itu memiliki penyakit pernafasan karena rumah kecil sirkulasi udaranya pasti kurang bagus. Jadi untuk yang punya rumah dengan ukuran minim sebaiknya memperhatikan sekali sirkulasi udaranya jangan sampai kotor.  Untuk membuat sirkulasi ini bagus caranya adalah buat jendela yang besar-besar tetapi jangan dengan design yang biasa saja tetapi buat yang unik. Jadi selain membantu pergantian udara juga bisa mempercantik dinding rumah.

Mudahnya Merapikah Rumah

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menata rumah agar lebih menarik lagi dan jangan fokus saja di ruangan dalam rumah tetapi fokus juga pada penataan taman minimalis rumah. Sebab halaman yang bagus juga bisa membuat nyaman pemilik dan orang yang melihat rumah tersebut, jadi yang berkunjung ke rumah juga akan merasa nyaman juga.