Inilah Tips Mengatasi Kebakaran yang Perlu Anda Tahu

Kebakaran menjadi salah satu bencana alam yang dapat membahayakan nyawa manusia. Kebakaran sendiri disebabkan oleh api baik karena korsleting listrik, lilin, gas yang meledak maupun juga karena sengaja dibakar oleh manusia. Kebakaran ini dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kemusnahan barang di sekitar, rumah, atau tempat lain yang merupakan lokasi kejadian.

Kebakaran ini dapat menghanguskan seluruh benda dan barang berharga yang dimiliki. Mewaspadai terjadinya kebakaran itu sangat penting sekali. Anda juga perlu mengetahui mengenai penyebab dari kebakaran yang terjadi dan juga tentang pelatihan kebakaran untuk menangani kebakaran yang terjadi.

Inilah Beberapa Penyebab Kebakaran

Kebakaran dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kebakaran yang sering terjadi.

  1. Kebakaran memiliki banyak macam, slah satunya adalah kebakaran hutan. Penyebab kebakaran ini dapat diakibatkan karena sambaran petir pada lahan yang kering.
  2. Kecerobohan manusia
  3. Aktivitas vulkanis seperti terkena aliran lahar atau awan panas
  4. Karena lilin yang digunakan menyambar benda lain yang mudah terbakar, gas meledak, aliran listrik dan banyak lagi penyebab lainnya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari kebakaran, baik kebakaran hutan maupun kebakaran di rumah atau tempat lainnya. Perlu juga diketahui mengenai dampak yang diakibatkan oleh kebakaran ini. Berikut beberapa dampak dari kebakaran.

  1. Menyebarkan emisi gas karbon dioksida ke atmosfer
  2. Memusnahkan harta benda yang dimiliki.
  3. Asapnya dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan.
  4. Apabila kebakaran tersebut terjadi di hutan maka akan mengakibatkan kematian flora dan fauna yang hidup dan berkembang di hutan tersebut.

Dampak kebakaran memanglah sangat merugikan untuk alam dan juga merugikan bagi manusia. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran seperti ulasan di atas. Untuk mengurasi dampak kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran Anda perlu mengetahui cara pencegahan dan juga apa yang harus Anda lakukan apabila kebakaran tersebut terjadi. Baik itu kebakaran hutan maupun kebakaran gedung. Berikut akan diulas mengenai tips atau cara untuk mengatasi apabila terjadi kebakaran.

Cara Mengatasi Apabila Terjadi Kebakaran

Kebakaran memanglah menjadi suatu bencana yang tidak pernah diinginkan oleh banyak orang, namun tak jarang ada beberapa oknum yang malah sengaja melakukan pembakaran demi mendapatkan sebuah keuntungan. Apabila kebakaran terjadi di tempat Anda kerja, di rumah, di gedung apartemen, rumah sakit, pasar atau dimana pun Anda berada. Tidak perlu terlalu khawatir, lakukan saja tips berikut ini.

  1. Anda harus tetap tenang saat berada di lokasi pendaftaran.
  2. Apabila kebakaran yang terjadi masih dapat diatasi sendiri atau terjadi kebakaran kecil maka Anda hanya perlu memadamkannya dengan pemadam api ringan atau dengan menggunakan karung goni yang dibasahi dengan air.
  3. Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik maka segera matikan sumber listrik
  4. Jika kebakaran besar, segera keluar dan jangan menyibukkan diri menyelamatkan barang yang ada.
  5. Hindari jangan sampai menghirup asap tebal, merangkaklah dan bernapaslah dengan muka menempel pada lantai, gunakan kain basah untuk menutup hidung.
  6. Jika pintu tertutup, periksalah handle pintu apakah panas atau tidak, apabila tidak lanjutkan. Setelah berhasil keluar segera telepon 113.

Nah itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kebakaran. Anda juga dapat melakukan pelatihan kebakaran. Ingat, Anda tidak perlu panik dengan kebakaran yang terjadi. Apabila Anda panik, maka akan menambah sulit, dengan tenang Anda akan dapat menghadapinya dengan mudah.