Bahaya Minuman Manis Untuk Kesehatan

Produk minuman manis itu memang ada cukup banyak di Indonesia saat ini, akan tetapi sebenarnya ada bahaya dibalik minuman tersebut. Obat diabetes kering mungkin dibutuhkan apabila penderita diabetes sampai mengonsumsi minuman yang manis tersebut. Produk minuman olahan yang manis ini pun saat ini sudah ada cukup banyak ragam dan jenisnya di pasaran.

Meski memiliki rasa yang sangat nikmat, akan tetapi minuman yang manis itu sebenarnya menyimpan bahaya yang cukup besar bagi kesehatan. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka minuman manis tersebut akan bisa memberikan dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mari simak beberapa bahaya dari minuman manis ini, agar Anda tidak mengonsumsi minuman manis secara berlebihan.

Minuman manis itu memang merupakan minuman yang sudah diberikan pemanis, seperti misalnya gula cair, sirup, konsentrat buah, dan juga pemanis buatan. Ada beberapa minuman manis yang memang digemari oleh masyarakat di Indonesia seperti misalnya soda, jus, minuman kemasan, dan masih banyak lagi. Selain tinggi gula, sebenarnya kandungan nutrisi terbilang lebih sedikit.

Jus buah yang sebenarnya berasal dari buah yang sehat pun termasuk salah satu minuman manis. Karena kandungan serat ketika buah menjadi jus itu jadi lebih sedikit, dan bila ditambah pemanis malah menambahkan kadar gula dalam minuman itu. Konsumsi gula yang berlebihan itu bisa memberikan banyak penyakit mulai dari peningkatan berat badan, penyakit jantung, sampai diabetes tipe 2.

Kenali Bahaya Minuman Manis Untuk Tubuh

Ada penelitian yang menunjukkan kalau meminum 2 sampai 6 gelas minuman manis per minggu bisa meningkatkan risiko kematian hingga 6%. Dan konsumsi minuman manis 1 sampai 2 gelas setiap hari akan bisa meningkatkan kemungkinan risiko kematian mencapai 14%. Jadi bahaya minuman manis itu tidak bisa disepelekan, berikut penyakit yang mungkin muncul ketika terlalu banyak mengonsumsi minuman manis tanpa obat diabetes kering.

  1. Obesitas

Salah satu risiko yang akan muncul ketika berlebihan mengonsumsi minuman manis itu adalah peningkatan berat badan sampai obesitas. Karena dalam kandungan gula itu terdapat kalori yang memang cukup besar, dan kalori besar itu akan meningkatkan berat badan Anda. Apalagi kalau Anda tidak mengimbangi dengan olahraga, maka asupan kalori akan berlebih dan membuatnya jadi obesitas.

Minuman manis itu tidak membuat kenyang, sehingga akan ada kecenderungan Anda mengonsumsi makanan yang menambah asupan kalori juga. Akibatnya asupan kalori pun jadi melebih kebutuhan, dan dari situ akan terjadi kenaikan berat badan dan terjadi obesitas. Obesitas sendiri bisa memicu berbagai penyakit yang mematikan seperti jantung, kolesterol, dan juga mungkin stroke, jadi sebaiknya batasilah konsumsi minuman manis.

  1. Diabetes

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa minuman manis itu sudah pasti memiliki kandungan gula yang terbilang sangat tinggi. Dan karena kandungan gula yang tinggi itu membuat kadar gula dalam darah pun bisa meningkat, dan sangat mungkin terkena diabetes. Dan diabetes ini pun bisa memicu terjadinya berbagai penyakit yang mematikan di dalam tubuh lho.

Diabetes sendiri bisa memicu berbagai masalah dalam tubuh seperti misalnya masalah pada mata, ginjal, dan juga jantung. Penelitian pun menunjukkan kalau minum 1 sampai 2 gelas minuman manis bisa meningkatkan risiko diabetes sampai 26%.

  1. Kanker Jenis Tertentu

Konsumsi minuman manis berlebihan tanpa obat diabetes kering juga bisa memicu beberapa jenis penyakit kanker lho. Seperti misalnya terkena penyakit kanker usus, kanker paru-paru, dan juga kanker prostat, namun yang paling erat itu adalah kanker payudara. Bahkan konsumsi jus buah yang berlebihan pun bisa menyebabkan kanker lho, karena itu konsumsi buah jauh lebih disarankan.

  1. Kerusakan Gigi

Tahukah Anda kalau ternyata konsumsi minuman manis itu bisa berpengaruh sangat buruk pada gigi, bahkan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Karena itulah selalu disarankan untuk mengonsumsi minuman manis hanya pada saat jam makan saja, sehingga dampaknya akan sedikit berkurang. Hal ini ternyata berlaku juga pada minuman seperti jus yang diberikan tambahan pemanis.

  1. Kolesterol Dan Penyakit Jantung

Minuman manis juga bisa menyebabkan kolesterol dan pada akhirnya akan bisa menyerang organ jantung dan sangat mematikan. Kolesterol sendiri sebenarnya ada 2 jenis yang berbeda ya, ada kolesterol baik dan juga kolesterol yang jahat. Biasanya orang yang berlebihan mengonsumsi minuman manis akan memiliki kolesterol baik lebih sedikit daripada kolesterol jahat.

Kadar kolesterol yang jahat yang terlalu tinggi ini akan bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah ke jantung. Sebuah penelitian menunjukkan juga kalau konsumsi 1 kaleng minuman manis akan meningkatkan risiko penyakit jantung mencapai 20%.

Jadi sebaiknya Anda batasi konsumsi minuman manis, dan bila sering konsumsi ada baiknya Anda pantau terus kadar gula dalam darah Anda. Bisa juga mengonsumsi obat diabetes kering.