Tips Merawat dan Membersihkan Komputer Dengan Mudah

Meskipun sering disepelekan, membersihkan seluruh komponen komputer dari debu dan kotoran secara berkala merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Perlu Anda ketahui juga bahwa komputer yang dibiarkan kotor dan berdebu dapat menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan kerusakan yang berujung pada butuhnya service atau perbaikan.

Maka dari itu, jika Anda memiliki perangkat komputer dan menginginkannya untuk tetap awet dan memiliki performa yang bagus, maka sebaiknya Anda harus tahu bagaimana cara merawatnya. Mulai dari membersihkan seluruh komponen secara rutin dengan cara yang tepat. Seperti dalam ulasan kali ini yang akan kami berikan untuk Anda.

Membersihkan CPU

Salah satu perangkat terpenting dalam sebuah unit komputer adalah CPU. Bisa dikatakan bahwa CPU adalah otak dari komputer itu sendiri. Maka kerusakan yang terjadi pada CPU bisa berakibat fatal untuk performa komputer Anda.

Untuk membersihkan perangkat CPU dari berbagai debu dan kotoran, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini :

  • Siapkan peralatan yang perlu digunakan untuk membersihkan CPU beserta seluruh komponen yang ada di dalamnya. Peralatan yang dibutuhkan antara lain adalah penghisap debu mini, sikat gigi berbulu lembut, obeng, kemoceng, dan kain lap lembut.
  • Gunakan penghisap debu mini yang ujungnya terbuat dari selang plastik. Jangan gunakan penghisap debu yang ujungnya terbuat dari logam karena bisa merusak komponen.
  • Siapkan tempat untuk membersihkan CPU, bisa di luar rumah, atau di tempat khusus yang tidak masalah jika sedikit kotor.
  • Baringkan CPU di atas meja, pastikan semua kabel yang tersambung ke CPU sudah dilepas dan saklar juga sudah dimatikan sehingga tidak terdapat aliran listrik pada CPU Anda.
  • Buka kap atau panel samping CPU. Anda bisa melepaskan seluruh sekrup yang ada. Di sini Anda mungkin akan membutuhkan obeng untuk membantu membukanya. Meskipun pada beberapa tipe CPU ada yang bisa dibuka tanpa perlu menggunakan alat.
  • Lakukan penyedotan secara perlahan dan hati-hati pada komponen CPU yang ada di dalamnya. Pastikan ujung alat penyedot Anda tidak menyentuh komponen secara langsung, karena ada banyak komponen-komponen kecil yang rapuh atau mudah bengkok di dalam CPU ini. Namun biasanya komponen-komponen tersebut memang nampak kotor dan banyak diselimuti debu, terlebih bila Anda jarang membersihkannya.
  • Untuk komponen tertentu seperti kipas, Anda bisa gunakan sikat gigi dan alkohol untuk membersihkan debu-debu yang menempel di permukaannya. Caranya, celupkan sikat gigi pada alkohol lalu bersihkan setiap cela dan permukaan secara perlahan. Begitu pun untuk komponen lain yang perlu pembersihan secara mendalam.
  • Untuk membersihkan komponen bagian luar, Anda bisa gunakan kemoceng atau kain lap lembut.

Membersihkan Keyboard

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan keyboard pada komputer. Jika Anda ingin membersihkan dengan cara yang mudah, Anda cukup gunakan penyedot debu mini, sikat gigi atau sikat khusus pembersih keyboard, dan juga cotton buds. Namun jika Anda ingin pembersihan secara menyeluruh dan maksimal Anda bisa menggunakan obeng minus dan melepas satu persatu komponen non elektronik untuk dicuci.

  • Cara pertama adalah jika Anda hendak membersihkan keyboard secara mudah dan singkat. Pastikan keyboard sudah Anda cabut dan dalam keadaan mati.
  • Silakan gunakan penyedot debu mini kemudian arahkan pada setiap tombol di keyboard.
  • Tekan tombol satu persatu, agar semua celah tidak ada yang terlewat.
  • Gunakan juga cotton buds untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel di celah-celah yang sempit. Anda juga bisa menggunakan bantuan sikat gigi.
  • Jika Anda ingin membersihkan debu pada keyboard secara menyeluruh, Anda bisa melepaskan terlebih dahulu masing-masing tombol pada keyboard agar Anda bisa menjangkau seluruh kotoran yang mungkin menyumbat di dalamnya.
  • Untuk melepaskan tombol pada keyboard, Anda bisa gunakan obeng minus untuk membantu melepasnya. Jika seluruh tombol sudah dilepas, Anda bisa mencuci bagian tombol-tombol tersebut secara terpisah menggunakan air dan sabun, karena ini bukan perangkat elektronik. Namun Anda harus pastikan semua komponen sudah benar-benar kering ketika hendak memasangnya kembali.

Lihat juga : 7 Tips Agar Tidak Gaptek di Era Digital

Membersihkan Mouse

Meskipun kecil, komponen komputer yang satu ini juga perlu rutin untuk dibersihkan. Jika tidak, mungkin Anda bisa menemukan masalah seperti mouse yang macet, kurang sensitif, dan lain sebagainya. Bisa jadi itu karena adanya tumpukan debu dan kotoran di dalamnya yang tidak dibersihkan.

  • Sebelum membersihkan mouse, pastikan Anda harus mencabut komponen ini terlebih dahulu. Atau memastikannya dalam keadaan mati, pada tipe mouse wireless.
  • Gunakan kain lap lembut, untuk membersihkan bagian luar dan tombol mouse. Anda juga bisa celupkan kain pada alkohol untuk membersihkan permukaannya.
  • Untuk membersihkan celah pada tombol mouse Anda bisa gunakan tusuk gigi.
  • Pada bagian lensa mouse di belakang, Anda bisa gunakan cotton buds dan beri sedikit alkohol untuk membersihkannya. Jangan lupa pula bersihkan pada bagian bantalan mouse yang biasanya bisa Anda temukan di setiap ujung bagian bawah mouse.

Membersihkan Monitor

Untuk membersihkan monitor Anda bisa lakukan dengan cara yang sederhana. Pertama, siapkan kain microfiber atau kain lembut untuk membersihkannya.

Cukup lap bagian monitor dengan kain ini bolak balik. Jangan mencungkil kotoran yang ada di celah-celahnya karena dikhawatirkan dapat merusak komponen.

Jika Anda ingin menggunakan cairan, maka gunakan cairan pembersih khusus untuk layar monitor. Pastikan juga bahwa Anda tidak menyemprotkan cairan langsung ke monitor. Melainkan basahi kain yang akan Anda gunakan untuk mengelap monitor Anda.

Pentingnya Merawat dan Membersihkan Komputer

Merawat dan membersihkan komputer secara berkala penting untuk dilakukan. Terlebih bagi Anda yang rutin menggunakannya untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehari-hari. Komputer biasanya akan mudah panas terlebih bila terdapat kotoran atau debu yang menyumbat aliran udaranya.

Begitu pun bagi komputer yang jarang digunakan. Meskipun jarang digunakan, komputer harus tetap dibersihkan. Karena tumpukan kotoran dan debu akan bisa menyumbat dan menghambat kinerjanya ketika suatu saat Anda akan menggunakannya kembali.

Membersihkan seluruh perangkat komputer bisa dilakukan minimal setiap 6 bulan sekali. Atau Anda bisa lakukan lebih sering jika memiliki waktu luang. Membersihkan komponen komputer semacam ini dapat memberikan manfaat antara lain :

Mencegah komputer Anda cepat panas

Kotoran dan debu yang menempel khususnya di bagian fan atau kipas-kipas komputer bisa menghambat kinerjanya sehingga perputaran kipas akan melambat. Hal ini akan membuat komputer Anda menjadi semakin cepat panas.

Mencegah kerusakan komputer sering restart sendiri

Kotoran atau debu yang menempel pada bagian heatsing prosesor, dapat menghambat proses pendinginan fan. Inilah yang menyebabkan komputer mengalami kendala restart sendiri. Selain itu kotoran atau debu yang menumpuk pada motherboard juga bisa menyebabkan konsleting.

Itulah ulasan mengenai cara merawat dan membersihkan komputer serta alasan mengapa membersihkan komputer itu penting untuk Anda lakukan secara rutin. Pastikan Anda membersihkan setiap komponen komputer dengan cara yang tepat sesuai penjelasan dari Relogi.com.